#twounderposting {width:100%;float:center;margin:10px 0;padding:0px;} #twounderpostingleft{width: 45%;float: left;} #twounderpostingright{width: 45%;float: right;} -->
Belajar Lebih Bermakna
Home » » PROGRAM KHUSUS ABK

PROGRAM KHUSUS ABK

PROGRAM KHUSUS ABK

Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi Dan Irama

Judul : Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi Dan Irama
Penulis : Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa
Penerbit : Departemen Pendidikan Nasional
Halaman : 11 halaman

PENTAHAPAN BKPBI

Adapun tahap-tahapan BKPBI meliputi :
1. Tahapan deteksi bunyi, yaitu kemampuan siswa dalam menyadari ada dan tidak adanya bunyi, dengan
menggunakan atau tanpa menggunakan ABM.
2. Tahap deskriminasi bunyi, yaitu kemampuan siswa dalam membedakan berbagai macam sifat bunyi,
menghitung bunyi, mencari arah bunyi, membedakan sumber bunyi, membedakan birama /
membedakan irama musik baik memakai ABM atau tanpa ABM.
3. Tahap identifikasi bunyi, yaitu kemampuan siswa dalam mengenali cirri-ciri berbagai macam sumber
bunyi dan berbagai sifat bunyi dengan menggunakan ABM.
4. Tahap komprehensi, yaitu kemampuan anak dalam memahami makna berbagai macam bunyi terutama bunyi
bahasa.

Metode Pendekatan
Pelaksanaan BKPBI tak boleh terlepas dari pengajaran bahasa, maka latihan BKPBI musik selalu diakhiri dengan latihan BKPBI bahasa. Oleh karena itu pemilihan metode sebaiknya dikaitkan dengan metode yang dipergunakan dalam pengajaran bahasa. Metode yang dianjurkan untuk pelaksanaan BKPBI terutama percakapan, ditunjang berbagai metode yang relevan, yaitu :
• Permainan
• Demonstrasi
• Imitasi
• Pemberian Tugas
• Observasi dengan cara mengamati respon anak terhadap rangsangan bunyi

Adapun pendekatan metodenya antara lain :
• Pendekatan multisnesoris (visual, auditoris, taktil / pengalaman kontak) sedikit demi sedikit
menuju pendekatan unisensoris atau eka indra artinya hanya menggunakan indra
pendengaran saja.
• Pendekatan klasikal maupun individual.
• Pendekatan BKPBI aktif, maksudnya siswa secara aktif menciptakan bunyi dan direspon sendiri, dan
pendekatan pasif maksudnya siswa menyimak bunyi yang diproduksi oleh orang lain dan
kemudian meresponnya.
• Pendekatan formal artinya : direncanakan / http://www.blogger.com/img/blank.gifdeprogramkan da tak formal artinya : tak direncanakan
jika terjadi bunyi secara tiba-tiba).

0 komentar:

ABBAS BAE

Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku Blog Perjalanan Spiritualku.......Read More